Pro dan Kontra Bahaya Vape bagi Kesehatan, KonsultasiOnline.Com – Vape atau rokok elektronik saat ini menjadi salah satu bagian dari gaya hidup banyak orang. Bahkan, perangkat ini tidak hanya digunakan kaum urban yang berada di kota besar, namun juga menyasar berbagai kalangan di daerah.

Gambar Foto Bahaya Vape bagi Kesehatan Menurut Kedokteran MedisHal ini yang menjadi bahan berdebatan banyak pihak tentang bahaya vape bagi kesehatan. Apalagi perangkat ini memiliki fungsi yang sama halnya seperti rokok pada umumnya.

Rokok konvensional memang menjadi momok yang cukup menakutkan bagi kesehatan tubuh manusia. Bahaya yang ditimbulkan rokok konvensional memang tidak hanya pada perokok saja, tetapi juga orang lain yang berada di sekitar lingkungan.

Sehingga banyak orang menganggap bahwa vape akan memberikan dampak yang sama seperti rokok konvensional lainnya.

Apa saja bahaya vape bagi kesehatan?

Sebenarnya vape memiliki perbedaan yang cukup banyak bila dibandingkan dengan rokok konvensional. Hal ini dimulai dari perangkat yang digunakan hingga seluruh bahan yang terintegrasi dengan perangkat itu sendiri.

Rokok elektronik ini memiliki cara kerja dengan membakar bahan dasar kapas yang sudah diberikan cairan dengan aroma tertentu atau sering disebut dengan liquid.

Saat bahan dasar kapas sudah terbakar dengan adanya aliran listrik melalui sumber baterai, maka akan timbul asap yang cukup pekat. Asap ini yang kemudian dihirup pada perokok elektronik.

Meskipun memiliki dukungan perangkat yang berbeda, sebenarnya cara kerja dari vape juga hampir sama dengan rokok konvensional. Cara kerja yang bisa Anda lihat yaitu dengan membakar bahan dasar dan akan memberikan efek asap.

Cara kerja seperti ini yang bisa memberikan dampak cukup berbahaya bagi tubuh para perokok elektronik.

Berikut ini beberapa bahaya yang sebenarnya bisa menyerang para perokok elektronik seperti:

  1. Terjadi adiksi atau kecanduan yang cukup signifikan

Ini merupakan salah satu bahaya vape bagi kesehatan yang bisa ditimbulkan. Biasanya para pengguna vape akan mencampurkan berbagai bahan yang cukup menimbulkan candu pada liquid yang digunakan.

Apalagi saat ini sudah tersedia banyak pilihan aroma ataupun rasa yang tercampur dengan nikotin cair. Meskipun memiliki kadar yang cukup rendah, namun nikotin cair yang digunakan pada liquid itu juga akan berdampak pada kondisi tubuh hingga peredaran darah.

Bahkan, sering kali para pengguna vape memberikan campuran nikotin cair yang memiliki kadar cukup tinggi untuk mendapatkan sensasi yang menyenangkan.

  1. Keracunan liquid atau bahan dasar yang digunakan

Pada liquid atau cairan beraroma yang digunakan untuk vape ini memiliki berbagai kandungan yang berbeda. Biasanya beberapa pengguna melakukan pertimbangan terhadap seluruh bagian dari kandungan tertentu dalam liquid yang digunakan.

Namun, beberapa kemasan liquid yang berasal dari racikan lokal sangat jarang mencantumkan bahan atau kandungan cairan yang digunakan.

Sehingga hal ini menjadi salah satu bagian penting yang memberikan dampak saat menggunakan liquid yang mengandung bahan berbahaya.

  1. Perangkat yang mudah terbakar

Tentu saja perangkat vape memiliki kemungkinan terburuk dengan efek terbakar sewaktu-waktu. Hal ini biasanya terjadi akibat adanya arus listrik yang tidak stabil pada perangkat yang digunakan.

Selain itu, perangkat yang digunakan seperti ini juga memiliki kualitas yang berbeda. Harga selalu menentukan kualitas dari penggunaan perangkat ini. Sehingga bila Anda memang ingin mendapatkan kenyamanan saat menggunakan vape ini, selalu perhatikan kualitas bahan yang diterapkan pada perangkat ini.

Beberapa perangkat vape juga memiliki perhitungan arus listrik yang cukup berbeda. Bahkan, beberapa kasus terdapat pengguna vape yang harus dirawat akibat luka bakar dari perangkat vape yang meledak atau terbakar secara tiba-tiba.

  1. Bahaya asap pada saluran pernapasan

Asap yang ditimbulkan dari vape ini biasanya memiliki jumlah yang lebih pekat dibandingkan dengan rokok konvensional. Bahan dasar seperti kapas yang sudah ditambahkan liquid dengan aroma tertentu juga memberikan dampak pada saluran pernapasan.

Jumlah asap yang terlalu pekat ini akan sangat mudah untuk masuk dalam sistem pernapasan dalam tubuh Anda. Hal yang paling berbahaya adalah saat sisa dari asap yang dihasilkan vape akan tidak langsung keluar dari paru-paru.

Hal ini justru akan membuat paru-paru pengguna vape mendapatkan masalah yang cukup buruk.

Penggunaan yang benar untuk Menghindari Bahaya Vape bagi Kesehatan secara Berlebihan

Gambar Foto Bahaya Vape bagi Kesehatan Bagi PecanduSebenarnya penggunaan vape tidak akan memberikan dampak bahaya yang cukup berlebihan bila diperhitungkan dengan sangat baik.

Bahaya yang ditimbulkan dari vape juga tidak sama seperti rokok konvensional lainnya. Apalagi para pengguna vape juga bisa melakukan kontrol terhadap jumlah nikotin yang digunakan pada liquid.

Namun, Anda tetap harus mempertimbangkan beberapa bagian penting sebelum menjadikan vape ini masuk dalam gaya hidup yang dilakukan terus-menerus.

Beberapa hal mudah yang bisa dilakukan untuk menghindari bahaya vape berlebihan, seperti:

  1. Tidak mencampur nikotin pada liquid.
  2. Menggunakan perangkat dengan kualitas terbaik
  3. Tidak menggunakan vape setiap saat

Nah, itu lah dia beberapa efek yang diakibatkan oleh vape, meski masih terdapat pro dan kontra terhadap bahaya vape bagi kesehatan.

Namun, ada baiknya untuk tidak mencoba sama sekali jika Anda memang belum “kecanduan” dengan vape, apalagi rokok!


src: alodokter, mediamedis, doktersehat

Sharing is Caring! Yuk Bagikan...
0Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yuk Diisi, Bukan Bot,kan? *