8 Panduan Lengkap Memilih Sepatu Untuk Bayi Belajar Jalan, KonsultasiOnline.com – Dengan mudah Anda dapat menemukan berbagai model sepatu lucu di pasaran.

Tetapi, sepatu seperti apakah yang cocok untuk bayi yang sedang belajar jalan? Cukupkah sepasang sepatu lucu untuk menunjang aktivitas barunya? Berikut ini kami bagikan tips memilih sepatu yang baik untuk sepasang kaki kecil bayi Anda.

8 Panduan Memilih Sepatu Untuk Bayi Belajar Jalan

Anda tentu bahagia melihat si kecil mulai melangkahkan kaki. Namun, jangan sampai asal memilih sepatu untuk kaki mungilnya ya. Apa saja sih yang harus Anda perhatikan saat memilih sepatu?

1. Ajak langsung ke toko

Jika ini pertama kalinya ia akan membeli sepatu jalan, ada baiknya Anda beli langsung dari toko. Berbelanja online memang praktis tetapi, Anda tidak akan bisa mengetahui dengan persis berapa ukuran kaki anak Anda. Jangan berbekal ukuran yang Anda kira-kira.

2. Ukur dengan benar

Saat memilih sepatu untuk bayi belajar jalan ini jangan lupa untuk mengukur terlebih dahulu. Biasanya alat ukur juga disediakan oleh toko sepatu anak untuk mengetahui size tepat sebelum membeli. Pastikan seorang pegawai yang sudah terlatih membantu Anda mengukur. Terkadang mengukur kaki bayi bukan perkara mudah. Anda butuh bantuan.

3. Pilih ukuran yang pas

Sepatu untuk bayi yang sedang belajar jalan tentunya harus pas dengan ukuran kakinya. Jika terlalu besar, maka besar kemungkinannya ia akan terjatuh. Sedangkan jika terlalu kecil, ia akan kesakitan. Untuk mengetahui apakah sepatu kekecilan atau tidak, Anda dapat memeriksa apakah ada tanda merah pada kaki atau tidak.

4. Perhatikan jarak jempol kaki dan ujung sepatu

Paling tidak, harus ada jarak sekitar 2,5 cm dari ujung jempol ke ujung sepatu. Coba raba ujung sepatunya dan pastikan ujung jari kakinya dapat “bernapas”. Hal ini dimaksudkan agar kakinya tidak terluka dan mendukung pertumbuhan kakinya.

Baca:

8 Tips Mudah Agar Bayi Tidur Nyenyak Sepanjang Malam

Bolehkah Bayi Diajak Nonton Bioskop? Yuk! Simak Jawaban Selengkapnya

5. Pilih bahan berkualitas

Sepatu plastik mungkin lebih ramah di kantong. Tetapi bahan ini tidak direkomendasikan. Cobalah memilih bahan seperti kulit hewan. Selain lentur, kulit juga memungkinkan sirkulasi udara tetap lancar.

6. Pilih sol lentur

Sol yang paling tepat untuk bayi yang sedang tertatih-tatih berjalan adalah yang permukaan bawahnya kasar tetapi lembut di bagian dalam. Sol ini juga harus fleksibel. Anda bisa mengeceknya dengan cara membengkokkannya ke bagian dalam. Sol yang baik adalah yang dapat melengkung setengahnya.

7. Mudah dipasang dan dilepas

Sepatu bertali mungkin terlihat lucu tetapi Anda akan kesulitan memakaikan dan melepaskannya. Terlebih lagi jika anak Anda sangat aktif.

Sedangkan untuk sepatu slip on untuk anak yang sedang belajar jalan tidak cocok karena akan mudah lepas. Yang paling tepat adalah sepatu yang memiliki velcro untuk memakainya. Anda juga dengan mudah menyesuaikan seiring pertumbuhan kakinya.

8. Hindari sepatu second

Sepatu yang sudah digunakan akan meninggalkan bekas pakai seperti bentuknya yang sudah tidak lagi standar. Hal ini tidak baik untuk kaki anak Anda. Sepatu baru akan memberi kesempatan untuk kaki tumbuh sebagaimana mestinya.

Biasakan Mengajari Anak Melepas Alas Kaki Saat Di Rumah

Ada baiknya Anda melepaskan alas kaki bayi saat ia belajar jalan di dalam rumah. Fungsi sepatu adalah sebagai pelindung kaki dari benda berbahaya seperti beling, jarum, kerikil, dan benda tajam lain. Jika ia sedang berada pada zona aman, sebaiknya tidak perlu memakai alas kaki apa pun.

Kaki bayi sedang berproses untuk tumbuh. Memakai alas kaki yang terus menerus justru akan menghambat pertumbuhan alaminya. Semua saraf dan otot dapat berkembang dengan baik tanpa penghalang. (image by DailyMom)

Sharing is Caring! Yuk Bagikan...
0Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yuk Diisi, Bukan Bot,kan? *