Bahaya Begadang bagi Ibu Hamil, KonsultasiOnline.Com – Selain mempengaruhi janin, ibu hamil yang sering begadang juga memberikan pengaruh pada kondisi kesehatan.

Gambar Foto Bahaya Begadang bagi Ibu Hamil Menurut Medis KedokteranApalagi bila dilakukan secara terus-menerus, begadang juga bisa membuat ibu hamil mengalami gangguan metabolisme sehingga asupan nutrisi pada janin akan sangat terganggu.

Hal ini yang membuat para ibu hamil harus terus menjaga kondisi kesehatan dengan sangat baik melalui pola hidup dan waktu istirahat yang cukup. Apalagi beberapa dokter kandungan juga memberikan saran kepada ibu hamil untuk tidak tidur sangat larut malam.

Bahaya Begadang bagi Ibu Hamil | Dampak Buruknya

Berikut ini ada beberapa bahaya begadang bagi ibu hamil yang harus diketahui sejak dini. Apalagi hal itu justru akan membuat perkembangan janin akan semakin terhambat. Bahaya yang timbul akibat begadang pada ibu hamil seperti:

  1. Ibu hamil akan mudah mengalami sakit kepala

Ini adalah salah satu dari bahaya begadang bagi ibu hamil. Hal ini akan memberikan dampak terhadap kondisi kepala dan metabolisme seluruh bagian tubuh. Akibatnya peredaran darah ke bagian kepala, khususnya otak akan mudah terganggu.

Ini juga yang membuat ibu hamil akan mudah mengalami sakit kepala yang cukup berlebihan. Selain itu, begadang yang sangat berlebihan akan membuat ibu hamil juga mengalami migrain akut. Jangan terlalu memaksakan diri untuk begadang.

  1. Ibu hamil akan mudah mengalami stres

Waktu istirahat dan pola tidur yang terganggu akan membuat ibu hamil mengalami stres sangat tinggi. Bahkan, kondisi seperti ini juga akan membuat ibu hamil merasa mudah letih karena stress yang berlebihan.

Begadang pada ibu hamil juga berdampak pada kemampuan otak yang semakin melemah sebagai indikasi dari stres yang dialami. Apalagi pada saat begadang, sel otak yang seharusnya juga mendapatkan waktu istirahat juga terus dipaksa untuk bekerja.

Sehingga hal ini akan menyebabkan gangguan pada perkembangan sel otak yang dialami ibu hamil.

  1. Sistem imun semakin berkurang dan mudah lelah

Tentu saja begadang memiliki dampak negatif dengan sistem imun yang semakin berkurang. Metabolisme pada tubuh juga terganggu karena beberapa organ tubuh penting dipaksa untuk terus bekerja secara ekstra.

Hal ini tentu akan membuat sebagian tubuh terganggu dan tidak memiliki fungsi secara normal. Kondisi ini membuat ibu hamil akan mudah merasa lelah, letih dan gampang terkena penyakit.

Biasanya kondisi badan yang tidak stabil akan memudahkan banyak bakteri menimbulkan penyakit dalam tubuh ibu hamil. Flu dan demam menjadi penyakit yang sering diderita bagi ibu hamil saat sering begadang.

  1. Mengalami tekanan darah tinggi

Pola istirahat yang terganggu akibat begadang juga akan memberikan dampak pada tekanan darah tinggi pada ibu hamil. Apalagi kondisi yang membawa janin juga memberikan pengaruh terhadap pola hidup.

Bila terus-menerus begadang, tekanan darah pada ibu hamil akan meningkat sehingga hal ini akan memberikan pengaruh pada kondisi kesehatan ibu dan janin.

Hipertensi yang dialami pada masa hamil sangat beresiko pada bayi dan bisa menyebabkan keguguran atau kematian janin sebelum melahirkan.

  1. Begadang bisa membuat keguguran atau prematur pada bayi

Salah satu dampak yang sangat mengerikan dari begadang pada ibu hamil adalah keguguran. Kondisi kesehatan janin akan sangat berpengaruh pada kesehatan ibu hamil. Sehingga Anda juga harus terus menjaga kondisi dengan pola hidup sehat dan nutrisi yang baik.

Bila terus-menerus begadang, maka janin akan terganggu dan asupan nutrisi juga mengalami hambatan. Biasanya hal ini akan mencapai puncak saat mengalami keguguran. Beberapa dokter kandungan juga mengungkapkan bahwa begadang yang terlalu sering juga akan berdampak pada proses kelahiran bayi.

Sehingga bisa membuat bayi lahir secara prematur. Tentu saja hal ini akan membuat bayi mendapatkan kondisi fisik yang tidak semestinya.

Bahaya Begadang bagi Ibu Hamil | Cara mudah mencegah begadang saat hamil

Gambar Foto Bahaya Begadang bagi Ibu Hamil dan JaninPara ibu hamil sebenarnya memiliki kesempatan untuk menghindari dari tidur terlalu larut malam. Pada waktu tertentu, ibu hamil akan mengalami kesulitan untuk istirahat karena janin yang terus berkembang atau kondisi kesehatan janin yang juga mungkin terganggu.

Sehingga ibu hamil merasa sulit untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Namun, Anda juga bisa melakukan cara mudah untuk mendapatkan pola istirahat yang baik dan terhindar dari begadang. Beberapa cara yang bisa Anda lakukan seperti:

  1. Memberikan rasa nyaman di kamar tidur. Cara seperti ini bisa dilakukan dengan sering membersihkan seluruh bagian kamar tidur setiap hari. Kualitas kasur juga memberikan pengaruh terhadap kenyamanan saat tidur.
  2. Mengatur posisi tidur. Beberapa dokter kandungan menyarankan para ibu hamil untuk tidur dalam posisi miring ke kiri. Hal ini dilakukan agar pembuluh darah besar tidak mengalami gangguan saat darah mengalir ke janin.
  3. Melakukan senam hamil secara teratur. Senam hamil akan memberikan manfaat penting bagi sistem pernapasan bagi Anda dan juga kondisi seluruh bagian tubuh.

Oke, Sekian dulu tulisan seputar bolehkah ibu hamil begadang. Semoga memberikan manfaat bagi bunda yang membaca ya. Jika berkenan ditunggu Like dan Share nya.


src: hamil, solusisehatku

 

Sharing is Caring! Yuk Bagikan...
10Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yuk Diisi, Bukan Bot,kan? *