Agar Bayi Tidur Nyenyak Sepanjang Malam, KonsultasiOnline.com – Memiliki bayi berarti Anda harus siap memiliki aktivitas baru seperti begadang. Namun, Anda seharusnya tidak terlalu menderita dengan terus menerus begadang.

Bagaimana pun, Anda dan bayi membutuhkan tidur yang berkualitas. Berikut ini beberapa tips untuk Anda agar bayi dapat todur pulas sepanjang malam.

9 Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak Sepanjang Malam

1. Buatlah rutinis sebelum tidur

Anda harus melakukan hal-hal yang akan membuatnya mengerti bahwa ini adalah waktunya tidur. Lambat laun ia akan mengerti bahwa setiap kali Anda melakukan hal tersebut, berarti ia harus tidur.

Beberapa kegiatan yang dapat Anda berdua lakukan adalah mandi, bernyanyi, menyusui, membacakan cerita, dan memindahkannya ke tempat tidurnya sendiri. Ada baiknya jika Anda memandikan bayi dengan air hangat agar otot-ototnya lebih rileks. Pijatan lembut di tubuhnya juga akan membuatnya lebih nyaman.

2. Redupkan lampu

Cahaya yang terlalu terang akan mengganggu mata. Meskipun akan membuatnya memejamkan mata, tetapi otak menolak untuk tidur. Sebaiknya, redupkan lampu sebelum tidur. Rutinitas ini juga akan membuatnya tahu waktu tidur.

3. Susui hingga kenyang

Pastikan perutnya terisi agar ia mudah tidur. Bayi akan lebih mudah terbangun jika merasa lapar. Letakkan monitor bayi supaya Anda tahu jika ia bangun apabila Anda tidak satu ruangan dengannya.

4. Jaga temperatur ruangan

Ruangan yang sejuk pastinya lebih nyaman. Jaga suhu ruangan tetap pada suhu 20 hingga 22,5 derajat celsius. Tetapi ingat untuk menempatkan tempat tidur bayi Anda agar tidak terlalu dekat dengan pendingin ruangan.

5. Beri pakaian lembut

Anda harus memperhatikan apa yang ia pakai di malam hari. Untuk musim kemarau, pilihlah pakaian yang tipis sehingga ia tidak kepanasan sementara itu Anda bisa memberikan pakaian lebih tebal ketika musim penghujan.

6. Ganti diaper

Ia perlu diaper yang kering agar nyaman. Diaper yang terlalu basah akan membuatnya tidak nyaman dan memicu ruam popok.

Baca Juga: Bolehkah Bayi Diajak Nonton Bioskop? Yuk! Simak Ulasannya!

7. Singkirkan semua mainan

Jangan sampai ia melihat ada mainan di tempat tidurnya. Bisa saja ia akan mengajak Anda bermain dan menolak tidur. Oleh karena itu, letakkan mainan di ruangan lain sehingga kamarnya bersih dari benda selain bantal, guling, dan selimut.

8. Biarkan ia menemukan caranya sendiri untuk tidur

Seiring dengan perkembangan kecerdasannya, ia akan menemukan cara untuk kembali tidur tanpa bantuan Anda. Yang Anda perlukan adalah kesabaran.

Jika bayi menangis di tengah malam, cobalah untuk membiarkannya selama beberapa menit untuk melihat apakah ia akan tidur kembali atau tidak. Jika ia terus menangis, Anda bisa menggendong dan menenangkannya.

Tetaplah Masuk Akal

Anda mungkin berharap bayi Anda tidak akan pernah bangun di tengah malam. Tetapi hal itu mustahil. Bayi akan tetap terbangun karena berbagai hal seperti lapar. Ia butuh makan setiap 2 hingga 3 jam sekali.

Anda tentu ingat bahwa lambungnya hanya sekecil buah ceri dan ketika kosong, dengan mudah ia akan membangunkan Anda. Selain karena lapar, sangat mungkin bayi Anda akan merasa sakit atau kurang nyaman dengan tempat tidurnya. Makhluk kecil mengagumkan itu punya segudang alasan untuk bangun.

Sebagian kecil bayi akan bangun sendirian hingga ia akan tertidur kembali. Tetapi beberapa lainnya  akan mencari teman dan perhatian. Penting bagi Anda untuk menyadari bahwa terkadang Anda dan pasangan harus mengalah.

Buatlah kesepakatan mengenai apa yang harus Anda dan pasangan lakukan jika ia terbangun di malam hari. Kerjasama ini akan membuat istirahat Anda lebih terjamin.

Tetapi bukan tidak mungkin untuk mencoba 8 Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak Sepanjang Malam di atas agar kualitas tidur Anda lebih baik. Semua tips di atas aman untuk di coba kok.

Sharing is Caring! Yuk Bagikan...
2Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yuk Diisi, Bukan Bot,kan? *