Cara Mencegah Bahaya Bulu Kucing, KonsultasiOnline.Com – Sebenarnya Anda memiliki beberapa pilihan dari cara yang bisa diterapkan dengan sangat mudah. Cara seperti ini juga dilakukan untuk menghindari seluruh penyebaran virus atau bakteri yang dimiliki kucing.

Gambar Foto Cara Mencegah Bahaya Bulu Kucing yang RontokVirus atau bakteri yang menyebar ini biasanya berasal dari bulu atau kotoran kucing. Selain itu, air liur kucing juga harus diwaspadai karena juga mengandung beberapa bakteri yang menyebabkan iritasi pada kulit sensitif.

Beberapa orang mungkin lebih memilih untuk membuang atau menjual kucing kesayangan. Namun, anda juga bisa melakukan beberapa cara yang cukup mudah tanpa harus mendapatkan resiko besar.

Cara Mencegah Bahaya Bulu Kucing Secara Berkala

Beberapa cara mencegah bahaya bulu kucing yang bisa anda lakukan seperti:

  1. Selalu melakukan perawatan terhadap kucing

Ini adalah salah satu cara mencegah bahaya bulu kucing yang harus anda terapkan. Apalagi cara ini memberikan manfaat yang sangat besar pada lingkungan rumah anda dan kucing itu sendiri.

Perawatan yang dibutuhkan kucing biasanya dengan membersihkan bulu rontok yang menempel pada seluruh bagian, memandikan kucing secara berkala hingga pemberian vaksin atau vitamin kepada kucing.

Kesehatan kucing yang sangat baik akan meminimalisir penyebaran virus atau bakteri. Selain itu, kondisi kesehatan kucing juga menambah umur kucing menjadi lebih panjang. Melalui perawatan ini, anda juga bisa meminimalisir kerontokan bulu kucing.

Sehingga anda tidak perlu merasa khawatir furnitur anda akan memiliki bekas bulu kucing yang menempel.

  1. Pemberian vaksin dan vitamin yang sesuai dengan jenis kucing

Kucing peliharaan akan membutuhkan vaksin sesuai dengan usia dan kondisi kesehatan tubuh. Vaksin seperti ini juga selalu direkomendasikan banyak dokter hewan untuk diberikan kepada kucing sebagai antisipasi penyebaran bakteri kepada manusia.

Selain itu, banyak juga dokter hewan yang menyarankan untuk memberikan vitamin tambahan kepada kucing untuk meningkatkan kondisi tubuh secara lebih baik.

Beberapa vitamin yang dibutuhkan kucing seperti vitamin A, D, E, Omega 3 dan lainnya. Vitamin ini bisa anda dapatkan melalui cat food atau makanan olahan.

  1. Pemberian makanan sehat setiap hari

Kucing juga membutuhkan makanan sehat setiap hari. Apalagi nutrisi seperti ini juga memberikan pengaruh pada pertumbuhan dan kondisi bulu hingga kulit terluar.

Semakin baik kualitas nutrisi yang diberikan, maka anda juga akan semakin mudah untuk menghindari berbagai bakteri atau virus menempel pada bulu kucing. Nutrisi penting yang biasanya dibutuhkan kucing terdiri dari Vitamin dan Protein.

Ada banyak jenis nutrisi protein yang bisa diberikan kepada kucing. Namun, sebaiknya jenis makanan ini berasal dari cat food atau makanan olahan khusus. Jangan pernah memberikan makanan sisa atau ikan mentah kepada kucing peliharaan.

Biasanya kondisi ini akan membuat kucing lebih mudah terinfeksi bakteri. Bahkan, makanan sisa yang diberikan kucing kadang-kadang mengandung banyak virus yang membuat pencernaan kucing menjadi terganggu.

  1. Memberikan perawatan ekstra untuk bulu kucing

Gambar Foto Cara Mencegah Bahaya Bulu Kucing Peliharaan RumahMemandikan kucing secara berkala menjadi bagian penting untuk menghindari penyebaran virus melalui bulu kucing. Namun, kadang-kadang beberapa kucing sangat rewel saat akan dimandikan.

Untuk menyiasati kondisi seperti ini, mungkin anda bisa memberikan bedak khusus kucing yang membuat pertumbuhan bakteri semakin lebih kecil. Bahkan, beberapa bedak khusus kucing ini dianggap akan menjaga kualitas bulu agar tidak semakin mudah rontok.

Setiap hari, anda juga harus menyisir seluruh bagian bulu kucing untuk membuang bulu rontok yang menempel. Biasanya kondisi seperti ini akan memberikan kenyamanan juga bagi kucing.

  1. Memisahkan kandang kucing dengan ruang utama

Cara seperti ini bisa anda terapkan dengan sangat mudah. Apalagi kondisi ini dilakukan saat salah satu anggota keluarga memiliki alergi kepada kucing atau sedang hamil. Anda akan membutuhkan ruangan khusus sebagai tempat untuk kucing itu.

Ruangan ini bisa sebagai tempat bermain bagi kucing. Salah satu rekomendasi tempat yang baik untuk kucing seperti ini adalah ruangan semi outdoor. Biasanya tempat ini berada di halaman belakang.

Tempatkan juga kandang kucing untuk memudahkan kucing mendapatkan tempat istirahat. Namun, anda harus membersihkan seluruh bagian tempat ini setiap hari.

Kandang kucing juga bisa menjadi tempat pertumbuhan bakteri. Hal ini harus diantisipasi dengan melakukan pembersihan secara berkala.

Tips Mudah untuk Mengatasi Alergi pada Bulu Kucing | Cara Mencegah Bahaya Bulu Kucing

Tidak bisa dipungkiri bahwa sewaktu-waktu anda akan mendapatkan bulu rontok kucing menempel pada kulit.

Hal ini akan menyebabkan alergi pada sebagian orang yang memiliki kulit sensitif. Mungkin anda bisa mencobat beberapa hal untuk mengatasi alergi ini seperti:

  1. Mengkonsumsi minuman lemon saat terkena bulu kucing.
  2. Membersihkan bagian kulit dengan minyak kayu putih.
  3. Selalu menyiapkan tisu basah yang bisa digunakan untuk membersihkan kulit saat terkena bulu kucing.

Yuk baca juga: Bahaya Bulu Kucing pada Bayi dan Wanita Hamil

Semoga beberapa langkah tips cara mencegah bahaya bulu kucing diatas dapat membantu Anda menghindar dari alergi dan efek bulu kucing. Jangan lupa share dan like ya.


src: halosehat dan asuhankeperawatans

 

Sharing is Caring! Yuk Bagikan...
0Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Yuk Diisi, Bukan Bot,kan? *